CARA MENJADIKAN SMARTPHONE ANDROID JADI WIFI

Assalamualaikum WR.Wb. Dan Selamat sore Untuk Pembaca artikel ini.

Punya smartphone saja belum cukup ternyata, karena pengguna juga membutuhkan internet untuk menggunakan berbagai aplikasi; cara HP Android jadi modem WiFi pun membuat banyak orang penasaran. Seperti yang kita lihat, kita sedang hidup di jaman Android dan tidak afdol tentu kalau tidak ada internet. Internet pun sekarang tidak hanya bisa dinikmati sendiri, tapi juga bisa dibagi dan itulah mengapa modem WiFi sekarang sedang tren dan HP Android Anda pun bisa dijadikan modem.

Cara HP Android Jadi Modem WiFi tanpa Kabel

Menjadikan Android sebagai modem ternyata ada dua caranya, bisa dengan kabel USB atau yang kita sering sebut dengan USB Tethering dan tanpa pakai kabel atau WiFi Tethering. Sudah bisa ditebak bahwa WiFi tetheringlah yang tepat bila ingin memiliki smartphone yang lebih bermanfaat dan mudah karena dengan WiFi, lebih dari satu laptop bisa memakainya selama ada fasilitas WiFi pada laptop tersebut.
Contoh ScreenShot Diambial Dari android menggunakan SO jelly bean


1. Langkah pertama dalam menjadikan HP Android sebagai modem WiFi adalah menuju ke Settings atau Pengaturan pada ponsel Android masing-masing pengguna.



2. Di sana ada Nirkabel dan Jaringan yang bisa kemudian dipilih. jangan klik WiFi. Klik Tulisan "selengkapnya..." Seperti pada scr shot berikut




3. Selanjutnya, temukan Tethering dan Portable Hotspot menu; kemudian klik seperti box merah pada gambar





4.  kemudian Klik pengaturan Dasar Pada Hostpot




5. Untuk membuat atau mengubah password supaya tidak banyak orang yang ikut nimbrung berinternet dengan Wi-Fi Anda, bisa langsung ke pengaturan hotspot WiFi portable. Berikut Screen Shotnya





6. selesai...

    Ada baiknya untuk mengecek lebih dulu apakah modem WiFi dari Android sudah sukses dengan mengecek PC atau laptop; jika cara smartphone Android jadi modem WiFi telah berhasil, di PC atau laptop pasti sudah langsung terdeteksi, maka pengecekan bisa dilakukan segera.
    Jika ingin menggunakan PC atau laptop dan mengakses internet dari modem WiFi Android tersebut, password yang diisikan harus sesuai dengan password yang sudah diatur tadi.

Tidak hanya bisa digunakan bagi para pengguna PC atau laptop lain, tapi jaringan hotspotnya atau WiFi bisa sampai juga ke smartphone lainnya yang mengaktifkan WiFinya. Biar tidak sembarang orang ikut memakai WiFi, memasang atau membuat password itu penting.

Ada beberapa alasan mengapa orang berburu cara HP Android jadi modem WiFi cepat, seperti berikut ini.

    Koneksi internet, baik untuk ponsel pintar, PC atau laptop, bisa dengan mudah diakses, hanya tinggal menghidupkan Bluetooth atau WiFi saja.
    Kalau pernah mengalami betapa ribetnya menggunakan kabel di sana-sini, kabel dari laptop dan kabel dari modem dan sebagainya, WiFi adalah solusi terbaik untuk menikmati akses internet tanpa membuat meja berantakan dan terlalu ramai.
    Dengan WiFi, mengakses internet tidak perlu dekat-dekat dengan modem karena bisa diakses di manapun Anda berada selama masih dalam jangkauan dan masih mendapat sinyal.
    Keuntungan lain mengetahui cara HP Android jadi modem WiFi adalah kalau biasanya dengan kabel ada risiko jaringan bisa memburuk, kerugian seperti ini tidak didapati pada WiFi.

Meski WiFi itu punya banyak kebaikan, tapi jangan lupa bahwa WiFi merupakan jaringan yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap kekuatan sinyal, maka penggunaan internet, baik dari laptop atau smartphone akan lancar ketika kekuatan sinyal memadai. Berhati-hatilah juga ketika kondisi iklim sedang ekstrim karena bisa memengaruhi sinyal WiFi. Semoga cara Smartphone Android jadi modem WiFi beserta informasi tambahan di atas berguna dan selamat menikmati akses internet dari Android.

Posting Komentar

0 Komentar